Saturday, February 17, 2018

Fransiskus Sutris

MEMPERCEPAT PEKERJAAN EXCEL DENGAN MACRO


Terus terang saja saya bingung judul apa yang tepat untuk topik yang akan saya ulas disini. Mudah-mudahan judulnya tepat yah.

Tulisan ini berawal ketika suatu hari saya ditanya oleh istri saya tentang pekerjaan yang dia kerjakan dikantornya. Istri saya bekerja di bagian keuangan.

Salah satu rutinitas yang dikerjakan adalah merekap dan menyusun data hasil verifikasi akunting yang akan dibayarkan kepada supplier. Sumber data yang akan direkap berasal dari aplikasi perusahaan, yaitu dengan cara diexport ke dalam bentuk data Microsoft excel, namun hasil data export tersebut dalam bentuk format yang tidak beraturan dan banyak informasi yang sebenarnya tidak diperlukan.

Nah, intinya adalah bagaima supaya bisa dengan cepat merekap dan mendapatkan informasi yang diperlukan tanpa harus melihat satu per satu baris dari sumber data itu.

Dibawah ini adalah contoh format sumber data hasil export.


Dari sumber data diatas bagaimana caranya agar dapat mengambil kolom D (Atas Nama) dan Nilai Nominal nya saja (kolom K) tanpa harus meng-copy atau menyalin satu per satu. Disini kita harus teliti karena antara baris atas nama dan baris Nominal terletak pada baris yang berbeda.

Gambar di bawah ini adalah bentuk informasi yang diminta.


Kita menggunakan macro untuk menyelesaikan kasus diatas.

Untuk dapat menjalankan macro, macro harus diaktifkan dulu, caranya klik disini

Silahkan download contoh kasus tersebut di bawah ini.


 DOWNLOAD DISINI

Fransiskus Sutris

About Fransiskus Sutris -

Halo, perkenalkan saya Fransiskus Sutris. Saya berbagi tips and trik di blog saya ini dan semoga apa yang saya bagi disini bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Subscribe to this Blog via Email :