Thursday, May 30, 2019

Fransiskus Sutris

CARA MUDAH DAN AWAM ENKRIPSI FILE TANPA SOFTWARE

Enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi/file dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus.

Karena judulnya adalah cara awam maka saya akan tunjukan cara mengenkripsi file file kita secara awam dan sederhana, walaupun sederhana tetapi trik ini sangat bermanfaat bagi kita untuk menyimpan file-file yang sangat rahasia, kita sendiri yang tahu cara membukanya.

Trik enkripsi ini akan memanfaatkan ekstensi file. contohnya misalkan kita punya file microsoft word versi 2007 keatas maka ekstensinya adalah filename.docx. docx itulah yang disebut sebagai ekstensi file. Saya beri tahu bahwa secara default ekstensi file tidak terlihat. (CARA MENAMPILKAN EKSTENSI FILE).

Mari kita coba sekarang, kita akan mengenkripsi file MY PASSWOD.DOCX, lihat gambar di bawah ini.

Target File yang akan kita enkripsi adalah MY PASSWORD.DOCX

  • Klik kanan pada file MY PASSWORD.DOCX
  • Pilih Add to archive...
  • Silahkan ubah nama file archivenya, disini saya contohkan file compressnya menjadi MY PASSWORD ENKRIP.RAR
  • Langkah pertama sudah selesai yaitu compress file MY PASSWORD.DOCX, file yang sudah terenkrip sudah muncul seperti di bawah ini
  • Langkah kedua adalah kita rename file yang sudah dicompress tersebut menjadi berekstensi .docx. 
  • Klik kanan MY PASSWORD ENKRIP.RAR
  • Pilil Rename
  • Ubah ekstensi .rar menjadi .docx
  • Klik YES saja jika ada pertanyaan muncul
  • Proses enkripsi sudah selesai dan file yang kita kompress tadi akan berubah lagi menjadi icon microsoft word. lihat gambar dibawah ini (tampak file MY PASSWORD ENKRIP.DOCX dengan icon default microsoft word).
  • Sekarang file anda sudah aman, karena orang lain menyangka bahwa file itu adalah file word, dan ketika kita buka pasti akan langsung membuka aplikasi microsoft word. Namun file tidak akan bisa terbuka dan dianggap corrupt file.
Lalu cara membukanya bagaimana? Ya tinggal anda rename lagi menjadi .rar lalu di ekstrak lagi menjadi file aslinya.

Demikian trik dari saya ini, semoga bermanfaat, jika kurang atau tidak bermanfaat mohon dimaafkan.
sekian terimakasih.


Fransiskus Sutris

About Fransiskus Sutris -

Halo, perkenalkan saya Fransiskus Sutris. Saya berbagi tips and trik di blog saya ini dan semoga apa yang saya bagi disini bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Subscribe to this Blog via Email :